Populer

MENGENAL KAMPANYE DAN PENYULUHAN KESELAMATAN JALAN

Kampanye atau penyuluhan? Bukankah terdengar tidak asing? Kata kampanye dan penyuluhan sering dilakukan seseorang atau sekelompok orang u...

Sabtu, 26 Maret 2016

Pert.3 TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF

Sebelum membahas tentang teknik komunikasi efektif, saya akan mengulas kembali pengertian dari komunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses atau kegiatan yang dilakukan seseorang yang bertujuan untuk menyampaikan pesan, informasi, saran, kritik, permintaan, ide atau gagasan kepada orang lain melalui media dengan harapan mendapatkan umpan balik.


Fungsi komunikasi :
1.      Mencapai pengertian satu sama lain
2.      Membina kepercayaan
3.      Mengkoordinir tindakan
4.      Merencanakan strategi
5.      Melakukan pembagian kerja
6.      Berbagi rasa

Keterampilan komunikasi :
1.      Mendengarkan
2.      Bertingkah laku asertif
3.      Menyelesaikan konflik/masalah
4.      Membaca situasi
5.      Melakukan persuasi (ajakan)

Komponen dalam komunikasi :
1.      Ide/gagasan
2.      Komunikator
3.      Pesan
4.      Media
5.      Panca indera Penerima (Komunikan)
6.      Respon

Setelah paham tentang apa itu komunikasi, mari kita pahami apa itu KOMUNIKASI EFEKTIF!
Komunikasi efektif adalah kegiatan saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai dengan harapan.





Hasil survei Mechribian & Ferris menunjukkan, dalam komunikasi verbal, keberhasilan menyampaikan informasi:
1.     55% ditentukan oleh bahasa tubuh (body language), postur, isyarat, dan dan kontak mata.
2.     38 % ditentukan oleh nada suara.
3.     7 % saja ditentukan oleh kata-kata.
Sejumlah faktor menentukan komunikasi efektif, antara lain:
1.     Kepercayaan komunikan terhadap komunikator.
2.     Kejelasan pesan yang disampaikan.
3.     Keterampilan komunikasi komunikator .
4.     Daya tarik pesan.
5.     Kesesuaian isi pesan dengan kebutuhan komunikan.
6.     Kemampuan komunikan dalam menafsirkan pesan (decoding).
7.     Setting komunikasi kondusif atau nyaman dan menyenangkan.
Strategi komunikasi efektif antara lain:
1.     Menguasai pesan/materi.
2.     Mengenali karakter komunikan/audiens.
3.     Kontak Mata (Eye Contact)
4.     Ekspresi Wajah.
5.     Postur/Gerak Tubuh
6.     Busana yang sesuai dengan suasana.




Sedikitnya ada lima sasaran pokok dalam proses komunikasi. Jika kelima hal ini tercapai, sebuah komunikasi dapat dikatakan efektif.
1.     Membuat pendengar mendengarkan apa yang kita katakan (atau melihat apa yang kita tunjukkan kepada mereka).
2.     Membuat pendengar memahami apa yang mereka dengar atau lihat.
3.     Membuat pendengar menyetujui apa yang telah mereka dengar (atau tidak menyetujui apa yang kita katakan, tetapi dengan pemahaman yang benar).
4.     Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai dengan maksud kita dan maksud kita bisa mereka terima.
5.     Memperoleh umpan balik dari pendengar.

Komunikasi efektif dibagi menjadi dua macam, yaitu Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non Verbal.

KOMUNIKASI VERBAL
→Komunikasi dengan menggunakan kata-kata berupa percakapan atau tulisan. Komunikasi verbal mengandung, makna denotatif (makna sebenarnya) dan makna konotatif (makna tidak sebenarnya).
Aspek komunikasi verbal :
1.      Vocabulary  ( perbendaharaan kata )
2.      Racing (kecepatan). 
3.      Intonasi suara:
4.      Humor:
5.      Singkat dan jelas.
6.      Timing (waktu yang tepat)
Unsur penting yang harus diperhatikan dalam penyampaian informasi melalui komunikasi verbal :
a.      Bahasa
Bahasa yang digunakan harus menyesuaikan lawan bicara dan lingkungan sekitar.
b.      Kata
Kata yang digunakan juga harus tepat, jangan sampai menimbulkan dua presepsi yang berbeda.

KOMUNIKASI NON VERBAL
→Komunikasi yang dilakukan tidak dengan lisan maupun tulisan.
Unsur komunikasi non verbal :
1.      Kontak mata
·         Fungsi Kontak mata:
            a. Memonitor umpan balik
            b. Tanda kembali pada percakapan
            c. Tanda hakikat hubungan
            d. Kedekatan fisik
·         Fungsi menghindari: tertarik atau menjaga jarak personal
·         Melebarkan mata
2.      Ekspresi wajah
Komunikasi wajah mempunyai 3 kategori kegunaan:
a.      Rasa senang & tidak senang
b.      Arousal atau aktivitas fisik & psikis/mental
c.       Rasa dominan & sikap menurut
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
a.      Keakuratan: ketepatan ekspresi emosi wajah tidak sesuai dg hasil ekspresi yg diterima
b.      Pengaruh dari konteks: diterima berbeda dlm konteks yg berbeda
c.       Universal atau relatif
d.      Ekspresi sesaat
3.      Sentuhan atau bau-bauan
Sentuhan adalah jenis komunikasi non verbal yg paling primitif.
Fungsinya:
a.      Ungkapan seksual
b.      Menghibur atau memberi dukungan
c.       Kekuasaan & dominasi
4.      Postur tubuh atau body language
Fungsi :
a.  Emblem: tanda-tanda yg mengganti kata-kata atau frase2 secara langsung
b.      Ilustrator: menggambarkan suatu pesan
c.       Penampilan afeksi: mengekspresikan makna-makna emosi
d.      Regulator: mengatur (memonitor, menjaga & mengontrol
5.      Sound (suara)
6.      Gerak isyarat




 SEMOGA BERMANFAAT :)

0 komentar:

Posting Komentar