Populer

MENGENAL KAMPANYE DAN PENYULUHAN KESELAMATAN JALAN

Kampanye atau penyuluhan? Bukankah terdengar tidak asing? Kata kampanye dan penyuluhan sering dilakukan seseorang atau sekelompok orang u...

Selasa, 19 April 2016

Pert.5 MEDIA MASSA



MEDIA MASSA????? 

Media massa atau dengan bahasa lain yaitu mendia komunikasi merupakan media yang digunakan dalam komunikasi publik. Dalam berkomunikasi pasti kita akan membutuhkan sarana dalam penyampaiannya. Tanpa media massa, penyampaian pesan dalam berkomunikasi akan lambat atau bahkan tertunda. 

Sejarah Media Massa





  • Era kesukuan (The Triangle Age), manusia mengandalkan alat indera mereka khusunya indera pendengaran untuk berkomunikasi.
  • Era Tulisan (The Age of Literacy), manusia mulai mengenal huruf alfabet kemudian mereka mengembangkan cara berkomunikasi mereka dengan mengandalkan indera penglihatan maka mereka tidak hanya bertutur saja namun mereka juga menuangkannya ke dalam tulisan.
  • Era cetak (The Print Age), karena manusia sudah mengenal tulisan maka diciptakanlah sebuah mesin ketik yang kemudian dapat dicetak.
  • Era Elektrik (The Electronic Age), pada era ini mulai diciptakannya berbagai macam pengembangan dari media massa yang lainnya. Contoh: telegram, telepon, radio, televisi, komputer, dll.

Pada tahapan empat era tersebut kemudian manusia mulai mengembangkan pikiran mereka supaya lebih mudah dan cepat dalam berkomunikasi. Mereka merangkai sebuah jaringan internet yang berisikan informasi lengkap dan ter-update melalui website.



Pengertian Media Massa atau Media Komunikasi
  • Menurut Blake dan Horalsen dala, Latuheru, 1988:11
Media komunikasi adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan.
  • Menurut sadiman, dkk, 2002:6
Media komunikasi adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan mengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat seseorang sehingga proses penyaluran pesan berlangsung efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.

Maka dapat disimpulkan, media komunikasi adalah suatu alat atau sarana yang digunakan untuk memperjelas atau mempercepat proses penyampaian/penyaluran informasi yang berupa pesan, ide, gagasan, ajakan dari komunikator (pengirim) kepada komunikan (penerima).


Bentuk-bentuk media massa secara umum yaitu, 




  1. Media Cetak. Salah satu jenis media massa yang muncul di tahun 1920. Media ini dicetak dalam bentuk lembaran kertas. Contohnya : koran, majalag, buletin, spanduk/pamflet, poster, buku, komik, stiker, tabloid, dsb.
  2. Media Elektrik. Jenis media massa yang pesannya disebarluaskan melalui audio/suara atau gambar ddan suara dengan menggunakan teknologi elektro. Macam media audio yaitu radio, telepon, ht, telegram sedangkan media audio visual yaitu film, video, televisi. 
  3. Media Internet/Online. Jenis media massa yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan media massa yang lainnya. Pesan yang disampaikan dapat diakses dalam jaringan internet melalui website. Contohnya : sosial media, google, blog, dsb.



Permasalahan pada jaman sekarang adalah masyarakat sudah jarang memakai media massa jenis cetak untuk sarana penyampaian pesan mereka. Masyarakat sekarang ini lebih suka menggunakan media elektrik atau media internet. Mengapa? Alasannya,
  • Jangkauan penyampaian pesan yang dapat dijangkau terbatas
  • Kecepatan akses informasi kurang cepat
  • Biaya mahal (pencetakan)
  • Tampilan kurang menarik dan kurang diminati
  • Kurang praktis dalam penggunaannya
Peranan media massa sangat berhubungan erat dengan masyarakat. Media massa sangat membantu masyarakat dalam berkomunikasi, khususnya komunikasi jarak jauh. Harapannya media massa dapat mempengaruhi masyarakat dalam hal positif, bukan hal negatif.
Peran Media Massa yang paling menonjol yaitu,
  1. Sebagai sarana komunikasi / penyampaian informasi
  2. Sebagai sarana belajar
  3. Sebagai filter/penyaring, bahwa informasi tersebut cocok diberi perhatian atau tidak
  4. Sebagai sarana hiburan
Fungsi Media Massa yaitu,
—-Efektifitas. Dengan adanya media komunikasi akan mempermudah kelancaran dalam penyampaian informasi.
-—Efisiensi. Dengan menggunakan media komunikasi akan mempercepat penyampaian informasi.
—-Konkrit. Dengan memakai media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak.
—-Motivatif - dengan menggunakan media komunikasi akan lebih semangat melakukan komunikasi.

Karakteristik media massa yaitu,
  1. Publisitas, yakni disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak
  2. Universalitas, pesannya besifat umum
  3. Periodisitas, tetap atau berkala
  4. Kontinuitas, berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan periode mengudara atau jadwal terbit
  5. Aktualitas, berisi hal-hal baru

Media massa massa mempengaruhi masyarakat menurut Teori Spiral Kebisuan yang dikemukakan oleh Elizabeth Noelle Neumann. Teori ini berpendapat bahwa media massa memiliki efek yang sangat kuat dalam membentuk opini publik.

Ada tiga karakteristik komunikasi massa yang dapat berpengaruh pada opini publik, yaitu
1. Kumulasi (cummulation) atau penimbunan
2. Ubiquitas (ubiquity): keberadaan media  yang selalu ada dimana-mana
3. Konsonansi (consonance) atau persesuaian antara apa yang disampaikan media massa dengan opini publik
Ada tiga cara media massa mempengaruhi masyarakat menurut Teori Spiral Kebisuan, yaitu
1. Media membentuk kesan-kesan tertentu tentang opini mana yang dominan
2. Media membentuk kesan-kesan tertentu tentang opini yang sedang naik atau berkembang
3. Media membentuk kesan tentang opini yang mutlak diperhatikan khalayak tanpa menampilkannya secara khusus


Apa benar teknologi media dapat mempengaruhi perasaan, pikiran, dan tindakan manusia?
Ya benar. Dipandang dari segi tujuan komunikasi ialah untuk menyamakan persepsi. Maka dari persepsi yang berbeda satu sama lain akan sama dengan adanya komunikasi melali media massa. Padahal persepsi itu sangat berhubungan dengan perasaan dan pikiran, yang kemudian akan menghasilkan sebuah tindakan dari pesan yang disampaikan.


0 komentar:

Posting Komentar