Populer

MENGENAL KAMPANYE DAN PENYULUHAN KESELAMATAN JALAN

Kampanye atau penyuluhan? Bukankah terdengar tidak asing? Kata kampanye dan penyuluhan sering dilakukan seseorang atau sekelompok orang u...

Sabtu, 07 Mei 2016

HAKIKAT SUATU MASALAH


Hakikat merupakan intisari atau dasar mengenai sesuautu. Kali ini yang akan saya bahas dalam artikel ini yaitu Hakikat suatu Masalah. Ini berkaitan dengan pengambilan keputusan suatu permasalahan. Yaaaa,, sebelum Anda mengambil sebuah keputusan hendaknya harus memahami apa itu masalah ?

Masalah adalah suatu kesenjangan antara kenyataan dengan apa yang diharapkan. Masalah harus segera diselesaikan loh guys... nggak baik juga kalo hidup dirundung masalah terus hehehe :D
Apa saja hakikat masalah ?

  • Masalah adalah sebuah kesempatan untuk berkembang. Dengan masalah kita dapat mempunyai pengalaman yang lebih dan yang lebih penting kita dapat berkembang lebih dewasa karena masalah tersebut.
  • Sebuah masalah bisa merupakan tantangan, peluang, kesempatan untuk kelar dari stagnan, kebosanan atau status quo serta apapun yang dimaksudkan untuk membuat suatu kondisi jadi lebih baik.
  • Masalah tidaklah harus akibat dari kejadian buruk atau faktor eksternal. Masalah juga timbul dari faktor internal.
  • Masalah adalah perbedaan antara kondisi sekarang dengan kondisi yang diharapkan. Pernyataan ini merupakan definisi dari masalah.
  • Sebuah masalah muncul karena adanya pengetahuan, penemuan, atau pemikiran baru. Para peneliti dan para penemu contohnya, setiap ada penemuan atau penelitian baru pasti mereka mendapatkan masalah. Benar kan?
  • Sebuah masalah terkait dengan bagaimana agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Misalnya saja masalah kemacetan di Indonesia sekarang ini belum bisa teratasi dengan maksimal, kemudian dipikirkan suatu pemecehan masalahnya untuk mencapai tujuannya yaitu terkuranginya kemacetan di Indonesia dengan memberdayakan angkutan umum secara maksimal dibanding dengan kendaraan pribadi.
  • Masalah adalah hasil dari kesadaran bahwa kondisi yang sekarang belum tentu sempurna dan keyakinannya bahwa masa depan dapat dibuat menjadi lebih baik.
  • keyakinan bahwa harapan bisa tercapai akan membuat seseorang memilki sasaran untuk masa depan yang lebih baik.
  • Harapan mebuat diri sendiri merasa tertantang dan tantanga semacam ini juga layak disebut sebagai masalah.


Nah, itu tadi adalah beberapa hakikat dari suatu masalah. Jadi masalah bukanlah sebuah hambatan. Masalah tidak semuanya berdampak negatif guys, namun masalah itu akan memberikan dampak positif juga. Dengan masalah, akan menjadikan kita menjadi lebih dewasa alam memecahkan suatu masalah dan yang paling penting masalah dapat menjadikan masa depan kita lebih baik.

Semoga bermanfaat :)

sumber :

0 komentar:

Posting Komentar