Populer

MENGENAL KAMPANYE DAN PENYULUHAN KESELAMATAN JALAN

Kampanye atau penyuluhan? Bukankah terdengar tidak asing? Kata kampanye dan penyuluhan sering dilakukan seseorang atau sekelompok orang u...

Selasa, 22 Maret 2016

Pert.2 KOMUNIKASI INTRAPERSONAL, INTERPERSONAL & BERMEDIA

KOMUNIKASI INTRAPERSONAL

Komunikasi intrapersonal merupakan proses yang terjadi di dalam individu mulai dari kegiatan menerima pesan atau informasi, mengolah, menyimpan dan menghasilkan kembali.

Singkatnya, komunikasi intrapersonal adalah proses pengolahan informasi (Menurut Rakhmat (2000:49)).
Proses komunikasi ini meelewati empat tahap :
1.       Sensasi
Tahap awal penrimaan pesan yang diterima oleh sensor atau alat indera manusia (eksteroseptor, interoseptor, propioseptor).
2.       Presepsi
Pengalaman tentang objek, peristiwa, hubungan-hubungan yang diperoleh dari menyimpulkan informasi-informsi dan menafsirkan pesan yang diterima. Faktor yang mempengaruhi presepsi :
A.      Perhatian (Faktor eksternal & internal)
Faktor eksternal yang dapat menarik perhatian :
-          Gerak visual pada objek yang bergerak
-          Intensitas stimulin harus diperhatikan lebih
-          Kebauran, hal yang baru dan luar biasa akan menarik perhatian
-          Perulangan, hal yang disajikan berkali-kali namun disertai variasi akan menarik perhatian.
B.      Faktor fungsional
C.      Faktor struktural
3.       Memori
Sistem berstruktur yang menyebabkan seeorang sanggup merekam fakta dan menggunakan  pengetahuannya untuk membimbing perilakunya.
Jenis-jenisnya :
a.       Pengingatan (Recall) menghasilkan kembali fakta dan informasi secara verbal
b.      Pengenalan (Recognition) sukar mengingat kembali jumlah fakta, namun lebih mudah mengenal
c.       Belajar lagi (Relearning) menguasai kembali yang sudah diperoleh
d.      Redintergrasi (Redintergration) merekontruksi seluruh masa lalu dari satu petunujuk memori kecil
4.       Berpikir
Proses dalam pengambilan kesimpulan yang melibatkan sensasi, presepsi, dan memori.


KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Komunikasi interpersonal merupakan prosespenukaran informasi atau komunikasi yang dilakukan langsung oleh dua orang secara langsung sehingga komunikan dapat melihat dampak maupun reaksi yang diberikan oleh lawan bicaranya secara verbal maupun non-verbal.

Tujuan komunikasi interpersonal :
1.       Memnemukan diri sendiri, sering bergaul dan berinteraksi dengan orang lain akan membuat kita tahu banyak hal tentang diri kita maupun orang lain.
2.       Menemukan dunia luar, akan lebih mudah memahami orang lain dan lingkungan di luar kita sehingga informasi yang kita dapat akan bertambah dan membuka cakrawala kita.
3.       Membentuk dan menjaga hubungan orang penuh arti, meluangkan waktu untuk komunikasi dengan orang lain akan membentuk dan menjaga hubungan sosial kita dengan orang lain.

Untuk meningkatkan kualitas komunikasi, maka perlu menumbuhkan dan meningkatkan hubungan interpersonal. Unsur lain yaitu :
1.       Percaya
2.       Suportif
3.       Terbuka
Menurut Rakhmat (1994) komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh presepsi interpersonal, konsep diri, atraksi interpersonal, dan hubungan interpersonal.
1.       Presepsi interpersonal
Memberikan makna terhadap stimuli inderawi yang berasal dari seseorang(komunikan), yang berupa pesan verbal dan nonverbal.
2.       Konsep diri
Pandangan dan perasaan kita tentang diri kita.
3.       Atraksi interpersonal
Kesukaan pada orang lain, sikap positif dan daya tarik seseorang.
4.       Hubungan interpersonal
Hubungan antara seseorang dengan orang lain. Hubungan interpersonal yang baik akan menumbuhkan derajad keterbukaan orang untuk mengungkapkan dirinya, makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya, sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung di antara peserta komunikasi.


KOMUNIKASI BERMEDIA

Komunikasi bermedia adalah komunikasi interpersonal yang dilakukan melalui media sebagai sarananya. Dimana media komunikasi merupakan semua sarana yang dipakai untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan ataupun menyebarkan dan juga menyampaikan Informasi.



Fungsi media komunikasi, meliputi:
  • Efektifitas – dengan adanya media komunikasi akan mempermudah kelancaran dalam penyampaian informasi.
  • Efisiensi – dengan menggunakan media komunikasi akan mempercepat penyampaian informasi.
  • Konkrit – dengan memakai media komunikasi akan membantu mempercepat isi pesan yang memiliki sifat abstrak.
  • Motivatif – dengan menggunakan media komunikasi akan lebih semangat melakukan komunikasi.
  • Entertain – dengan menggunakan media komunikasi akan membuat senang.
  • Education – dengan menggunakan media komunikasi kita akan lebih mudah belajar.
  • Kontrol sosial – dengan menggunakan media komunikasi fungsi pengawasan kebujakan sosial lebih diperhatikan.


 SEMOGA BERMANFAAT :)

0 komentar:

Posting Komentar